Cara Embed Google Maps di WordPress Menggunakan embedgooglemap.net

Jika Anda tidak ingin menggunakan plugin untuk menambahkan Google Map pada website WordPress, maka Anda bisa memilih opsi lainnya, yakni cara manual. Ada beberapa fitur embed bawaan yang bisa Anda manfaatkan untuk mengaktifkan Google Maps di WordPress. Hanya saja, ada cara yang lebih mudah, yaitu memanfaatkan layanan yang memungkinkan Anda untuk membuat kode embed untuk Google Maps.

Contohnya adalah Embed Google Map. Fitur ini memberikan Anda kesempatan untuk mencari alamat dengan menggunakan software antarmuka default Google Maps. Di samping itu, Anda juga bisa mengatur ukuran dan level zoom map sesuai kebutuhan:

Fitur embed Google Maps

Setelah mengonfigurasi pengaturan, klik opsi Get HTML-Code dan situs akan memunculkan HTML code snippet untuk ditambahkan ke website.

Kode embed

Salinkode tersebut, kemudian kembali ke dashboard WordPress. Buka editor untuk halaman yang ingin Anda tambahkan Google Map. Pilih tab Text yang kompatibel dengan kode HTML:

Teks 'How to Find Us'

Paste kode di mana pun Anda ingin menampilkan map. Simpan perubahan yang dilakukan dan lihat halaman front end yang memuat Google Maps:

Contoh map

Sayangnya, fitur embed ini memiliki kelemahan. Anda harus membuat kode embed baru untuk setiap map yang ditambahkan ke website. Namun, ada kelebihannya juga, yakni setelah map ditambahkan via HTML, Anda bisa melihatnya melalui tab Visual editor:

Tab visual untuk melihat pratinjau map

Dengan fitur ini, Anda bisa tetap mengelola dan mengatur halaman tanpa harus melakukan semuanya dengan editor Text.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *